Media Pembelajaran
Dalam belajar mengajar
hal yang terpenting adalah proses, karena proses inilah yang menentukan tujuan belajar
akan tercapai atau tidak tercapai. Ketercapaian dalam proses belajar
mengajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah
laku tersebut baik yang menyangkut perubahan bersifat pengetahuan (kognitif),
keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif).
Dalam proses
belajar mengajar ada banyak faktor yang mempengaruhi tercapainaya tujuan
pembelajaran diantaranya pendidik, peserta didik, lingkungan,
metode/teknik serta media pembelajaran.
Pada kenyataannnya, apa yang terjadi dalam pembelajaran seringkali
terjadi proses pengajaran berjalan dan berlangsung tidak efektif. Banyak waktu,
tenaga dan biaya yang terbuang sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat
tercapai bahkan terjadi noises dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar.
Hal tersebut diatas masih sering dijumpai pada proses pembelajaran
selama ini.
Dengan adanya media pembelajaran
maka tradisi lisan dan tulisan dalam proses
pembelajaran dapat diperkaya dengan berbagai media pembelajaran.
Dengan tersedianya media pembelajaran,
guru pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode
pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan
menciptakan iklim yang emosional yang sehat diantara peserta didik.
Bahkan alat/media pembelajaran ini selanjutnya dapat membantu guru membawa
dunia luar ke dalam kelas. Dengan demikian ide yang abstrak dan asing (remote)
sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila alat/media
pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan proforsional, maka proses
pembelajaran akan dapat berjalan efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar